Saham AS Jatuh Seiring Keputusan Fed Timbulkan Kekhawatiran Ekonomi Global

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham AS jatuh, menghapus keuntungan mingguan di indeks Standard & Poor 500, menyusul peringatan Federal Reserve atas prospek ekonomi global membuat gejolak di pasar keuangan.

S & P 500 kehilangan 1,6 persen ke level 1,958.13 pada pukul 04:00 sore waktu New York. Bank tehentak untuk hari kedua, menghapus reli dari awal pekan ini, sementara saham energi anjlok dengan harga minyak. The VIX, indeks volatilitas pasar, naik untuk pertama kalinya dalam empat hari.

Volatilitas ekuitas mungkin meningkat menyusul beberapa berjangka dan opsi saham serta indeks berakhir hari ini yang dalam proses dikenal sebagai quadruple witching, yang mungkin meningkatkan volatilitas saham. Perdagangan di S & P 500 perusahaan yakni 38 persen di atas rata-rata 30-hari.

Operator dari S & P 500 juga akan menyeimbangkan indeks dalam sebuah langkah kuartalan untuk menyesuaikan bobot anggota. Sekitar $ 41 miliiar saham akan diperdagangkan seiring investor membeli dan menjual saham untuk meniru perubahan, menurut estimasi pada 8 September oleh Howard Silverblatt, analis indeks di S & P Dow Jones Indeks berbasis di New York.

Pasar ekuitas telah bergolak di tengah kekhawatiran tentang perlambatan China dan niat Fed. Chicago Board Options Volatility Index mengalami kenaikan mingguan terbesar dalam catatan pada bulan Agustus, dan ?ditutup di atas 20 untuk 20 sesi berturut-turut, yang merupakan sesi terpanjang sejak Juni 2012. VIX melonjak 11 persen ke level 23,45 hari ini.(sdm)

Sumber: Bloomberg