Saham AS Ditutup Naik Terkait Gain Pada Nike, Petunjuk Stimulus Draghi

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham AS menguat, dengan indeks Standard & Poor 500 bukukan kenaikan mingguan terbaiknya tahun ini, Nike Inc reli pada perusahaan konsumen dan Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengisyaratkan stimulus tambahan.

Sebagian besar ekuitas terbalik pada aksi jual minggu lalu, didorong oleh snap-back di kalangan retailer di S & P 500. Kelompok tersebut berada di jalur untuk minggu terkuat mereka dalam empat tahun, setelah menderita penurunan mingguan terburuk sejak 2011. Ross Stores Inc dan Gap Inc membantu reli sektor energi Jumat ini. Gain 5,5 persen dari Nike mendukung kelompok konsumen yang lebih luas untuk perusahaan pada rencana buyback $ 12 milyar ?dan peningkatan dividen.

Indeks S & P 500 naik 0,4 persen menjadi 2,089.19 pada 04:00 sore di New York, setelah naik sebanyak 0,8 persen. Penurunan sektor energi dan saham bahan baku konsumen memangkas kenaikan sebelumnya.

Indeks S & P 500 naik 3,3 persen minggu ini, terbesarnya sejak Desember, karena saham rebound dari penurunan mingguan terburuk dalam hampir tiga bulan. Risalah dari pertemuan The Fed di bulan Oktober yang dirilis Rabu kemarin menekankan bahwa laju setiap kenaikan suku bunga akan dilakukan secara bertahap, meyakinkan investor bahwa biaya pinjaman yang lebih tinggi tidak akan menggagalkan pertumbuhan ekonomi. Indeks telah menguat 12 persen dari terendahnya di Agustus dan berada 2 persen dari tertingginya sepanjang masa yang di catatkan di bulan Mei.(mrv)

Sumber: Bloomberg