Rupiah Diprediksi Menguat | PT. RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

ViaKkUr8AYPT. RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Senior Analyst CSA Research Institute Reza Priyambada memprediksi nilai tukar rupiah bakal menguat di kisaran Rp14.456 sampai dengan Rp14.448 per dolar Amerika Serikat (USD). Sejumlah sentimen positif diharapkan bisa terus berdatangan guna mendukung gerak nilai tukar rupiah berada di area positif.

Reza menjelaskan pergerakan nilai tukar rupiah sebelumnya mampu berbalik menguat setelah pelaku pasar merespons tren pelemahan laju USD yang terjadi beberapa hari terakhir. Tentu hal semacam itu diharapkan bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk rupiah bertahan di zona hijau.

Sementara itu, dari dalam negeri, adanya rilis positif dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang memperkirakan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan membaik pada semester II-2018 serta langkah pemerintah yang disampaikan Menteri Perekonomian dimanfaatkan untuk melakukan ekspor sebanyak-banyaknya cukup positif mengangkat rupiah.

“Diperkirakan gerak nilai tukar rupiah bergerak di kisaran Rp14.456 sampai dengan Rp14.448 per USD,” kata Reza, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Kamis, 26 Juli 2018.

Kondisi ini, lanjutnya, mulai direspons ketika ada beberapa berita positif dari dalam negeri terutama langkah pemerintah yang akan menyiapkan sejumlah strategi dan kebijakan menyiasati dampak perang dagang. Diharapkan rupiah tetap bertahan di teritori positif.

“Berkurangnya penguatan USD sehingga memberikan ruang bagi rupiah untuk kembali melanjutkan kenaikannya,” tutup Reza.

 

Sumber : http://ekonomi.metrotvnews.com