Rupiah Berpeluang Alami Pelemahan

RIFANFINANCINDO

RIFANFINANCINDO

RIFANFINANCINDO – Gerak nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) diprediksi akan bertengger di posisi support Rp13.208 per USD? dan resisten Rp13.134 per USD. Meski demikian, nilai tukar rupiah masih dapat berpeluang kembali melemah.

“Tetap cermati setiap sentimen yang ada. Nilai tukar rupiah bisa kembali berpeluang mengalami pelemahan,” ucap Kepala Analis PT NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada?, dalam risetnya, di Jakarta, Senin (22/8/2016).

Reza menambahkan, nilai tukar rupiah kembali melemah jelang Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) di Agustus. Mulai stabilnya ekonomi domestik membuat BI selaku bank sentral mempunyai ruang yang cukup untuk kembali menurunkan tingkat suku bunga acuannya.

Akan tetapi, lanjut Reza, keadaan ini dijadikan momentum pelaku pasar untuk kembali melakukan aksi jual terhadap nilai tukar rupiah. Apalagi gerak mata uang negeri Paman Sam sedang berbalik menguat.

Pada akhir pekan kemarin, masih kata Reza, hangatnya pembicaraan terkait kenaikan tingkat suku bunga AS membuat gerak USD bergerak variatif, di mana mampu menguat terhadap EUR, NZD, serta rupiah. Tapi, masih melemah terhadap GBP dan Yen.

Angka inflasi AS yang turun serta notulensi rapat Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada pekan kemarin yang tidak terburu-buru menaikan suku bunga terimbangi dengan desakan beberapa kepala the Fed untuk segera meningkatkan suku bunga. “Imbasnya gerak USD cenderung menguat dan rupiah pun akhirnya mengalami tekanan,” jelas Reza.

Sumber : http://ekonomi.metrotvnews.com

RIFANFINANCINDO