Rilis PMI China Divergen, Pasar Saham Asia Bervariasi Sydney Naik

Best profit – Pasar saham Asia bergerak bervariasi pada hari Senin dengan Sydney mendapatkan angka manufaktur dalam negeri yang solid dan survei swasta di China.?S&P/ASX 200 naik 0,86%, sedangkan Komposit Shanghai turun 0,86%. Nikkei 225 menguat 0,49%.

PMI manufaktur Caixin datang di 50,6, jauh di atas ekspektasi pembacaan 48,7 untuk bulan Juli, naik sedikit dari 48,6 bulan sebelumnya.

Sebelumnya, di China, PMI manufaktur semi-resmi diterbitkan oleh Biro Statistik Nasional (NBS) dan Federasi Logistik dan Pembelian China untuk bulan Juli naik menjadi 49,9, meleset tipis dari tingkat ekspansi yang diharapkan di 50. PMI non manufaktur CFLP mencapai 53,9, dengan tingkat bulan lalu di 53,7.

Serta, Australia mengatakan indeks manufaktur AIG untuk bulan Juli naik menjadi 56,4, dibandingkan dengan angka bulan lalu di 51,8. Indeks ini naik lebih lanjut pada bulan Juli untuk ke-13 bulan berturut-turut dan menandai periode terpanjang ekspansi di lebih dari satu dekade. Pemulihan itu terutama dikarenakan ekspor lebih kuat dan penggantian impor, yang dibantu oleh nilai tukar yang lebih kompetitif. Penjualan rumah baru HIA untuk bulan Juni naik 8,2%, dibandingkan dengan angka terakhir turun 4,4% pada bulan-bulan.

Pekan lalu, saham AS tetap terjebak dalam rentang perdagangan yang ketat pada hari Jumat, melanjutkan tren perdagangan sideways yang telah berlangsung selama dua minggu terakhir, dengan indeks utama mengakhiri bulan Juli di dekat wilayah rekor.

Dow Jones Industrial Average jatuh 24,11 atau 0,13% ke 18,432.24, menderita kerugian dalam lima sesi berturut-turut. Dow terseret oleh Exxon Mobil Corporation (NYSE:NYSE:XOM), yang jatuh lebih dari 1% pada hari itu setelah melaporkan laba terburuk kuartalan dalam 17 tahun. Untuk jangka waktu delapan hari di awal bulan, Dow menyentuh rekor tertinggi sepanjang sejarah di penutupan pada setiap sesi dalam 8 hari tersebut secara beruntun, karena investor gelisah mengenai kondisi kawasan euro dan mencari pengamanan aset dalam ekuitas AS. Secara keseluruhan, Dow melonjak sekitar 3% pada bulan tersebut.

Indeks Komposit NASDAQ memperoleh 7,15 atau 0,14% ke 5,162.13 pada hari Jumat, ditutup pada level tertinggi 52 minggu. NASDAQ telah menerima dorongan dalam beberapa hari terakhir dari penghasilan saham bintang terkenal berkapitalisasi besar seperti Alphabet Inc (NASDAQ:NASDAQ:GOOGL), Amazon.com Inc (NASDAQ:NASDAQ:AMZN) dan Facebook Inc (NASDAQ:NASDAQ:FB). Pada bulan lalu, saham-saham di sektor teknologi telah melonjak hampir 8%. Indeks Komposit S&P 500, sementara itu, bertambah 3,54 atau 0,16% ke 2,173.60, mengakhiri sesi pada rekor penutupan tertinggi.

Pada S&P 500, tujuh dari 10 sektor ditutup menghijau dengan saham di industri Telekomunikasi, Barang dan Utilitas Konsumen memimpin. Saham di sektor Industri, Keuangan dan Jasa Konsumen melemah, masing-masing ditutup lebih rendah di sesi itu. Pada bulan kemarin, setiap sektor di S&P 500 ditutup lebih tinggi dengan pengecualian dari industri Energi.

Sumber: investing.com

BEST PROFIT FUTURES