Rifan Financindo ; Langkah-langkah Membangun Kerjasama Tim dalam Bisnis

coop.org

Rifan Financindo-?Untuk menunjang keberhasilan bisnis, kerjasama merupakan salah satu aspek yang sangat penting diwujudkan. Kerjasama dapat terjadi antara para anggota yang ada di dalamnya maupun antara rekan bisnis lainnya. Terciptanya kerjasama yang baik tentunya bukan hal yang mudah, padahal jika hal tersebut terwujud, keberhasilan bisnis akan dengan mudah diperoleh. Dibutuhkan kepercayaan dan solidaritas yang tinggi antara anggota-anggotanya agar tercipta kerjasama tim yang baik.

Kerjasama yang terjalin diharapkan bukan hanya kerjasama biasa, namun dapat menghasilkan nilai positif seperti keuntungan terhadap bisnis tersebut. Untuk membangun kerjasama dalam tim yang baik diperlukan beberapa langkah antara lain :

  • Pemimpin yang bertanggung jawab.

Dalam membangun sebuah tim agar kerjasama yang dijalin para anggota dapat berjalan dengan baik, perlu menunjuk seorang pemimpin yang bertanggung jawab, kompeten dan memiliki pengalaman organisasi yang baik. Jika pemimpin tim berkualitas, akan mampu mengatur anggotanya dengan baik, menempatkan anggota sesuai dengan keterampilan yang dimiliki, bertanggung jawab terhadap hasil pekerjaan, dan mampu menjalin interaksi yang baik terhadap para anggotanya.

  • Berkumpul bersama

Untuk membangun kerjasama timyang baik, diawali dengan adanya pendekatan dari masing-masing anggota. Tidak hanya secara profesional, namun pendekatan secara pribadi juga perlu, sehingga para anggota dapat memahami karakter anggota lainnya. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperat hubungan rekan satu tim seperti bersosialisasi yang baik di luar lingkungan kerja dengan membentuk komunitas. Ketika terjalin komunitas yang baik maka semua anggota tim dapat memiliki pengalaman bersama sehingga membentuk kerjasama yang lebih baik.

  • Kebutuhan bersama

Memahami kebutuhan bisnis merupakan hal mendasar dibentuknya sebuah tim. Tim dibentuk agar tujuan bisnis dapat dicapai dengan mudah karena dikerjakan oleh banyak orang. Oleh karena itu dibutuhkan kerjasama agar dapat menyatukan pemikiran yang beragam.

  • Konsistensi

Konsistensi antara anggota tim dalam menjalin kerjasama tim perlu diciptakan, banyaknya gagasan dan ide yang lahir dari pemikiran setiap anggota tim perlu dibulatkan agar tidak timbul pemikiran dan langkah lain ditengah jalan, sehingga pekerjaan dapat berfokus pada satu titik tujuan bisnis.

  • Tanggung jawab

Tidak hanya pemimpin tim yang harus mengemban tanggung jawab bisnis, namun selayaknya setiap anggota memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap hasil kerja yang dikerjakan baik itu kepada pimpinan maupun terhadap bisnis tersebut. Jika para anggota tim memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi maka pekerjaan yang dilakukan akan memiliki nilai dan manfaat terhadap perkembangan bisnis, bukan hanya sebagai bentuk kewajiban menyelesaikan pekerjaan saja.

  • Penghargaan

Baik bagi pemimpin maupun antar sesama anggota perlu memberikan pujian atas usaha yang telah dicapai, baik itu berhasil atau gagal. Kegagalan suatu tim merupakan kegagalan bersama, begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu pemimpin tidak sepenuhnya menyalahkan anggotanya saja, karena bisa saja kegagalan tersebut timbul dari pemimpin, sehingga dalam menyikapinya tidak hanya memberikan arahan dan nasehat saja, namun pujian juga perlu diberikan terhadap semua anggota tanpa terkecuali. Pujian tersebut dapat menjadi motivasi dan pelajaran dalam menjalin kerjasama kedepannya.

Kerjasama tim yang terjalin baik itu dari pemimpin bisnis maupun bagi para anggotanya menjadi perhatian penting yang harus diwujudkan untuk mencapai tujuan bisnis. Jika hal-hal tersebut diabaikan maka besar kemungkinan kegagalan akan terjadi pada bisnis kita. Selain itu memberi kepercayaan terhadap para anggota juga merupakan faktor penting dalam mewujudkan tujuan bisnis.Dengan memberikan rasa percaya maka rekan-rekan tim akan senang bekerja, memiliki rasa percaya diri yang tinggi sehingga dapat mempertanggung jawabkan hasil kerja timnya dan juga mendorong terciptanya kerjasama yang baik. -Rifan Financindo.