Reli Yen Berlanjut Pada Permintaan Aset Haven Pasca Bulan Terbaiknya sejak 2008

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Yen memulai Maret ini dan mengakhiri bulan Februari dengan kinerja terbaik di dunia mata uang utama.

Investor terus mengambil cepat mata uang Jepang sebagai aset haven pada Selasa menyusul penurunan saham AS, bahkan setelah Bank Rakyat China mengumumkan akan memangkas jumlah uang tunai pemberi pinjaman. Hedge fund dan spekulan besar lainnya menggenjot spekulasi bullish yen ke empat tahun tinggi pekan lalu, karena mata uang menuju bulan terbaik versus dolar sejak krisis keuangan. ekuitas global telah kehilangan lebih dari $ 6 triliun di tahun ini.

Yen menguat 0,2% menjadi 112,45 per dolar pada 9:24 pagi di Tokyo, setelah lonjakan 7,5% pada Februari, bulan terbaik sejak Oktober 2008. Ini naik 0,1% menjadi 122,38 per euro setelah sebelumnya mencapai 122,09, level terkuat sejak April 2013.

Langkah PBOC menandai pertama kalinya dalam empat bulan bahwa bank sentral telah menggunakan salah satu moneter pelonggaran tradisional di tengah meningkatnya tanda-tanda pelemahan ekonomi dan pasar saham.(yds)

Sumber: Bloomberg