RBA Stevens : Konsisten dengan Tingkat Suku bunga

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Ekonomi Australia tampaknya akan menghadapi penurunan investasi pertambangan seiring penurunan nilai tukar meningkatkan daya saing layanan bisnis dan pariwisata, menurut bank sentral pada hari Jumat, menandakan tingkat suku bunga akan tetap ditahan.

“Bagi kami untuk beberapa waktu pertanyaan benar-benar telah: tingkat suku bunga ini tepat untuk mendorong pertumbuhan tanpa menjalankan risiko yang tidak semestinya dalam ruang keuangan,” menurut Gubernur Reserve Bank of Australia Glenn Stevens dalam kesaksian kepada komite parlemen. “Kami pikir kami punya keseimbangan yang tepat. Pertanyaannya telah lebih bagi kita: kita harus terus atau turun sedikit lebih. Dan saya pikir kami cukup konsisten di mana kita berada sekarang.”

Australia telah menurunkan tingkat suku bunga sebanyak dua kali tahun ini ke rekor rendah 2 persen untuk memacu investasi dan konsumsi karena pertumbuhan ekonomi masih di bawah rata-rata untuk jangka panjang lebih dari 3 persen. RBA juga mengatakan bahwa tingkat pertumbuhan potensial di negara itu mungkin telah turun sementara perlambatan di China dan pasar keuangan volatilitas telah meningkatkan risiko terhadap ekonomi mitra dagang utama Australia. (izr)

Sumber: Bloomberg