Rally Emas Terhenti, Pimpin Penurunan untuk Back-to-Back

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Rally emas terhenti, dengan bullion ditetapkan untuk penurunan pertama back-to-back dalam sebulan terakhir, seiring meningkatnya pasar saham yang dapat memicu penurunan permintaan safe haven.

Bullion untuk pengiriman segera turun 0,9 % ke level $ 1,226.68 per ons dan diperdagangkan di level $ 1,228.34 pada pukul 8:55 pagi waktu Singapura, menurut harga dari Bloomberg. Logam ini merosot 0,7 % pada Jumat lalu setelah melonjak ke level $ 1,263.48 pada 11 Februari lalu, yang merupakan level tertinggi sejak Februari 2015.

Emas telah menjadi pemain terbaik pada Indeks Commodity Bloomberg tahun ini, melonjak sebesar 16 % diiringi pelemahan ekonomi global yang mendorong permintaan dan para investor menekan kemungkinan Federal Reserve untuk meningkatkan kenaikan suku bunga AS. Pasar ekuitas naik pada hari Senin setelah rebound pada minyak mentah untuk akhir pekan lalu yang dipimpin meningkatnya resiko. Pasar keuangan China dibuka kembali pasca liburan selama seminggu. (knc)

Sumber : Bloomberg