PT Rifan Financindo Berjangka – Anak Trump dan Jenderal Korut Akan Hadiri Penutupan Olimpiade

8

PT Rifan Financindo Berjangka – Olimpiade Musim Pyeongchang kembali akan menjadi arena geopolitik dengan kehadiran putri Presiden Donald Trump, Ivanka, dan jenderal penting Korea Utara, Kim Yong-chol, dalam upacara penutupan akhir pekan ini.

Gedung Putih menyatakan bahwa Trump mengirimkan putri yang juga menjabat sebagai penasihatnya itu untuk memimpin “delegasi tingkat tinggi” AS karena “dia adalah penggemar olahraga musim dingin.”

Sementara itu, Kementerian Unifikasi Korsel menyatakan bahwa Korut akan mengirimkan delegasi beranggotakan delapan orang yang dipimpin oleh Kim Yong-chol, jenderal senior dari Partai Buruh.

Kehadiran Kim Yong-chol ini disebut-sebut sebagai cara Pyongyang untuk menguji batas sanksi-sanksi yang dijatuhkan atas negaranya akibat program rudal dan senjata nuklir mereka.

Sebagaimana dilansir AFP, jenderal tersebut berada di bawah sanksi Korsel berupa pembekuan aset. Namun, namanya tak ada dalam daftar hitam Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Kim Yong-chol diyakaini pernah memimpin badan mata-mata Korut dan memerintahkan agennya untuk melancarkan operasi serangan torpedo ke kapal Korsel hingga menewaskan 46 pelaut.

Korsel juga menuding Kim Yong-chol sebagai dalang di balik serangan di Pulau Yeonpyeong yang merenggut empat nyawa.

Hingga saat ini, belum ada konfirmasi mengenai kemungkinan pertemuan antara Ivanka dan Kim Yong-chol. Namun, saat pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, para pejabat tinggi Korut dan AS tak bertegur sapa.

Wakil Presiden AS, Mike Pence, bahkan dilaporkan tak menyapa Kim Yo-jong, adik pemimpin tertinggi Korut, Kim Jong-un, yang selama pembukaan berlangsung duduk di sebelah Presiden Moon Jae-in, tak jauh dari dirinya.

Belakangan, AS mengklaim bahwa Pence sempat berencana menemui sejumlah pejabat Korut, tapi Pyongyang menarik diri dari pertemuan tersebut.

Sumber : https://cnnindonesia.com