Produsen Energi Turun, Saham China Memperpanjang Penurunannya

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham China turun karena pedagang melepas spekulasi bullish dan merosotnya harga minyak sehingga membebani produsen energi.

Indeks Shanghai Composite turun 1 persen menjadi 2,721.30 pada 09:38 pagi, memperpanjang penurunan tahun ini menjadi 23 persen. PetroChina Co turun ke satu minggu terendahnya. Pengembang naik dengan susah payah setelah bank sentral menurunkan kerdit pembayaran uang muka untuk pembeli rumah pertama. Indeks Hang Seng China Enterprises turun 3,4 persen, menuju penutupan terendahnya sejak Maret 2009.

Utang Margin di pasar saham China menyusut ke level terendahnya sejak Desember 2014 pada hari Senin, tanda-tanda memudarnya kepercayaan investor setelah penurunan bulanan terbesar indeks Shanghai Composite sejak tahun 2008. Bank sentral mengatakan bahwa mereka akan megijinkan bank-bank untuk memangkas minimum uang muka kredit yang diperlukan sampai 20 persen dari 25 persen untuk pembelian rumah pertama ke tingkat terendahnya yang pernah terjadi terkait langkah dukungan untuk pasar properti.Pasar China daratan akan ditutup semua minggu depan untuk liburan tahun baru China.

Indeks berjangka pada Standard & Poor 500 merosot 0,4 persen setelah indeks tersebut kehilangan 1,9 persen semalam.

Saldo utang margin pada bursa saham Shanghai dan Shenzhen turun selama 22 hari berturut-turut ke 897.6 miliar yuan ($ 136.4 miliar) pada Senin, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Angka tersebut jatuh di bawah posisi terendahnya yang dicapai selama kekalahan musim panas lalu ketika indeks Shanghai anjlok lebih dari 40 persen dari pertengahan Juni sampai terendahnya di Agustus.(mrv)

Sumber: Bloomberg