Produksi Turun, Harga Minyak Dunia Naik

Produksi Turun, Harga Minyak Dunia NaikRIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Harga minyak mentah Amerika Serikat (AS) kembali naik pada penutupan perdagangan, Rabu 2 Maret 2016. Kenaikan ini dipicu oleh data produksi minyak AS menunjukkan penurunan.

Dilansir CNBC, Kamis 3 Maret 2016, American Petroleum Institute menyatakan produksi minyak AS turun pekan lalu sekitar 25 ribu barel menjadi sembilan juta barel per hari. Ini merupakan penurunan tertajam sejak akhir 2014.
Kabar ini menyebabkan harga minyak mentah AS naik 26 sen atau 0,76 persen menjadi US34,66 per barel pada perdagangan kemarin. Minyak West Texas Intermediate sempat menyentuh level tertinggi sejak Januari pada hari itu di US$35,17 per barel.
Sementara harga minyak mentah Eropa, Brent, naik 13 sen di US$36,94 per barel. Brent juga sempat menyentuh level tertingginya dalam dua bulan ini di US$37,4 per barel.
Isu rencana negara-negara eksportir minyak OPEC menghentikan produksi minyaknya dan menurunnya produksi minyak AS telah mendorong harga minyak terus merangkak naik. Harga minyak Brent sudah naik 35 persen sejak menyentuh level terendahnya dalam 12 tahun di US$27,1 per barel pada 20 Januari lalu.
Sumber : http://bisnis.news.viva.co.id