Planet Venus Bersinar Terang

769361444RIFAN FINANCINDO – Venus, planet terdekat kedua dengan Matahari sedang bersinar terang di langit.  Jika kita melihat “bintang malam” di barat setelah matahari tebenam dan “bintang pagi” di timur setelah matahari terbit, itulah Venus.

Dalam beberapa minggu terakhir, Venus sedang bersinar sangat cerah dan malam ini mungkin adalah puncak kecemerlangannya.

Dilansir IFL Science, Selasa (28/4/2020), Venus bersinar sangat terang karena sebagian besar wilayah Venus diterangi Matahari.

Namun, kecemerlangan terbesar yang kita lihat dari Bumi bukanlah kecerahan maksimum Venus sebenarnya. Ini karena atmosfer Venus bukan reflektor sempurna.

Kendati demikian, kecerahan Venus ini menjadikannya objek paling terang ketiga di langit setelah Matahari dan Bulan yang dapat dilihat dari Bumi.

Kecerahan Venus mencapai besaran -4,6 sampai 18 kali lebih terang dari Sirius, bintang paling terang di langit malam.

Saat ini, Venus bersinar sangat cerah. Namun bulan depan, kecerahan Venus akan meredup drastis.

Karena geometri orbitnya, Bumi saat ini berada di depan Venus di sekitar Matahari dan kedua planet itu berjarak sekitar 70 juta kilometer.

Pada 3 Juni mendatang, Venus dan Bumi akan lebih atau kurang selaras dengan Matahari, dan peristiwa ini dikenal sebagai konjungsi rendah.

Dalam situasi tersebut, jarak Bumi dan Venis kurang dari 50 juta kilometer, ini adalah jarak terdekat Bumi sampai ke Venus.

Saat jarak Bumi dan Venus lebih dekat, maka kita akan melihat hanya sedikit sinar matahari yang dipantulkan dari Venus, dan ketika kita berada pada jarak terdekat antara kedua planet, kecerahannya akan turun secara signifikan pada hanya setengahnya lebih terang.

Karena planet-planet tidak sejajar sempurna dengan Matahari, sebagian cahaya masih terpantul di Venus.

Pada kesempatan yang jarang terjadi, ketiga benda itu sejajar sempurna dan dalam kasus-kasus itu, Venus terlihat melintasi piringan matahari sebagai titik hitam di permukaan Matahari.

Tetapi transit ini, demikian sebutannya, jarang terjadi, dengan transit berikutnya pada tahun 2117.

Venus akan menunjukkan kecerahannya kembali. Setelah konjungsi, Venus akan lebih cerah, mencapai “kecemerlangan terbesar” pada 18 Juli.

Jika fenomena pada Juli terlewat, Anda dapat menyaksikannya kecemerlangan terbesar Venus pada 517 hari berikutnya atau pada Desember 2021.

 

Sumber : kompas