Pidato Janet Yellen Tekan Harga Emas

PT RIFAN FINANCINDO

PT RIFAN FINANCINDO

PT RIFAN FINANCINDO – Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih rendah pada Rabu (Kamis pagi WIB), karena para pedagang bereaksi terhadap pidato Ketua Fed Jannet Yellen.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember turun USD6,7 atau 0,5 persen, menjadi menetap di USD1.323,7 per ounce.

Logam mulia diletakkan di bawah tekanan karena Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen berbicara di hadapan Komite Jasa Keuangan DPR AS, mengatakan bahwa dia percaya bahwa terlalu besar untuk gagal bank-bank lebih sedikit dari masalah, dan bahwa sistem perbankan AS telah diperkuat.

Para analis mencatat bahwa meskipun dia tidak berbicara langsung tentang kekuatan ekonomi AS, kesaksian ini masih mendorong investor menjauh dari emas sebagai safe haven sehingga mereka menunjukkan kepercayaan Yellen di saham-saham perbankan AS.

Emas berada di bawah tekanan lebih lanjut ketika laporan barang tahan lama yang dirilis oleh Departemen Perdagangan AS pada Rabu menunjukkan pertumbuhan pesanan baru tidak berubah selama Agustus, yang berada pada ujung tertinggi dari ekspektasi, karena investor telah memperkirakan penurunan dalam langkah-langkah. Selain itu, analis mencatat bahwa pesanan eks-transportasi menurun, tetapi juga pada tertinggi dari ekspektasi.

Indeks dolar AS turun 0,01 persen menjadi 95,46 pada pukul 17.15 GMT. Indeks adalah ukuran dari dolar terhadap sekeranjang mata uang utama.

Emas dan dolar biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti jika dolar naik maka emas berjangka akan jatuh karena emas yang diukur dengan dolar menjadi lebih mahal bagi investor.

Pedagang sedang menunggu sisa pekan ini untuk beberapa pidato Fed pada Kamis, serta produk domestik bruto, perdagangan internasional dalam barang, dan klaim pengangguran mingguan pada hari yang sama, bersama dengan laporan penghasilan dan pengeluaran pribadi pada Jumat.

Perak untuk pengiriman Desember turun 4,4 sen, atau 0,23 persen, menjadi ditutup pada USD19,121 per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober turun USD2,9 atau 0,28 persen, menjadi ditutup pada USD1.022,3 per ounce. ( http://economy.okezone.com )

Emas berakhir di posisi yang lebih rendah untuk hari kedua

Emas berjangka menetap lebih rendah hari Rabu untuk sesi kedua berturut-turut seiring para pedagang berfokus pada pernyataan Ketua Federal Reserve Janet Yellen dan komentar yang akan datang minggu ini dari pembicara bank sentral lainnya.

Yellen tidak mengatakan banyak tentang kebijakan moneter selama pernyataannya sebelum House Financial Services Committee, namun beberapa pejabat Fed dijadwalkan untuk membuat pernyataan pekan ini, yang bisa memiliki implikasi untuk mata uang dan perdagangan pasar saham – serta pengaruhnya terhadap permintaan untuk logam mulia.

Emas Desember turun $ 6,70, atau 0,5%, untuk menetap di level $ 1,323.70 per ounce, mempertahankan posisi di level terendah dalam lebih dari seminggu, menurut data FactSet. Pada hari Selasa, harga turun 1%, yang merupkan penurunan sesi tunggal terbesar mereka sejak 24 Agustus.

Suku bunga yang lebih tinggi dapat meningkatkan dolar dan melemahkan permintaan untuk komoditas berdenominasi dolar. Pada hari Rabu, ICE AS Dollar Index naik tipis sebesar 0,1%.

Namun, data ekonomi AS Selasa tidak memberikan gambaran yang baik, dengan pesanan untuk barang tahan lama pada bulan Agustus bergerak datar setelah keuntungan yang cukup besar di bulan sebelumnya. (MarketWatch)

PT RIFAN FINANCINDO