Pesanan barang tahan lama AS meningkat pada bulan April

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Pesanan baru untuk barang tahan lama AS naik untuk bulan ketiga berturut-turut di bulan April berdasarkan rilis?data?resmi yang ditunjukan Selasa. Ini menunjuk momentum kenaikan di sektor manufaktur .

Departemen Perdagangan AS mengatakan bahwa pesanan barang tahan lama naik 0,8 persen pada April. Ini adalah gain tak terduga dimana analis rata-rata memprediksi kejatuhan sebesar 1,3 persen.

Departemen tersebut merevisi naik kenaikan bulan Maret ke 3,6 persen untuk pesanan barang tahan lama dimana produk tersebut diperkirakan bertahan setidaknya sampai beberapa tahun, sepertimobil, komputer dan kapal. Perkiraan sebelumnya adalah 2,6 persen.

Tidak termasuk transportasi, yang bisa bervolatile dari bulan-ke-bulan, pesanan baru untuk barang tahan lama pada bulan April naik 0,1 persen.

Peralatan transportasi memimpin kenaikan, naik 2,3 persen pada kenaikan bulanan ketiga secara berturut-turut. Pada bulan April gain tersebut sepenuhnya karena kenaikan 13,1 persen pada pesanan untuk pesawat pertahanan dan?spare parts-nya.

Pesanan untuk pesanan pesawat?non-pertahanan turun 4,1 persen dan kendaraan pesanan kendaraan bermotor turun 1,0 persen.

“Data terbaru menunjukkan tren pesanan mungkin akan naik setelah datar di tahun 2013,” kata Ian Shepherdson dari Pantheon Macroeconomics.

Dibandingkan dengan tahun lalu, pesanan barang tahan lama yang baru naik 4,9 persen pada April. Tidak termasuk transportasi, naik 3,3 persen. (brc)

Sumber : AFP