Pesanan Barang Modal di AS Meningkat Pada Bulan Juni

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA Pesanan untuk peralatan bisnis AS naik pada bulan Juni menyusul penurunan yang direvisi bulan sebelumnya, menunjukkan investasi perusahaan tetap belum stabil dan bisa menahan pertumbuhan ekonomi.

Pemesanan untuk barang modal non-militer termasuk pesawat naik sebesar 1,4 persen pasca penurunan sebesar 1,2 persen di bulan Mei yang sebelumnya dilaporkan sebagai kenaikan sebesar 0,7 persen, data dari Departemen Perdagangan menunjukkan hari ini di Washington. Permintaan untuk semua barang tahan lama – barang dimaksudkan untuk terakhir setidaknya meningkat dalam tiga tahun terakhir sebesar 0,7 persen.

Perusahaan sedang menunggu untuk meningkatkan kapasitas sampai mereka percaya adanya permintaan yang berkelanjutan. Seiring membaiknya pasar kerja akan konsumen mungkin cepat untuk mengganti mobil tuanya, peralatan dan komputer, produsen menandakan sektor manufaktur akan tetap sibuk dan memberikan dorongan pertumbuhan pada semester kedua tahun ini.

Barang modal non-militer termasuk pesanan pesawat diproyeksikan naik sebesar 0,5 persen dalam survei Bloomberg terhadap para ekonom. Pemesanan tersebut dianggap sebagai proxy untuk investasi bisnis masa depan.

Perkiraan rata-rata dari 82 ekonom yang disurvei Bloomberg memproyeksikan total pesanan barang tahan lama akan naik sebesar 0,5 persen. Perkiraan berkisar antara penurunan dari sebesar 1 persen sampai dengan peningkatan dari sebesar 2,5 persen. Pembacaan bulan Mei direvisi turun sebesar 1 persen dibandingkan dengan penurunan yang dilaporkan sebelumnya sebesar 0,9 persen.?(izr)

Sumber: Bloomberg

?