Pertumbuhan Manufaktur Amerika Melambat di Bulan April

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Manufaktur AS berkembang dengan kecepatan yang lebih lambat dari perkiraan pada bulan April setelah pabrik-pabrik terus bergulat dengan permintaan global yang lemah dan dampak dari melemahnya sektor industri energi Amerika Serikat.

Indeks Institute for Supply Management (ISM) turun 1 poin menjadi 50,8, hampir di atas level 50 yang mengindikasikan stagnasi, menurut laporan kelompok Tempe yang berbasis di Arizona pada hari Senin. Perkiraan rata-rata dalam survei Bloomberg terhadap para ekonom adalah 51,4.

Pabrik-pabrik di Amerika telah dilanda oleh penguatan dolar dan harga komoditas yang lemah selama lebih dari satu tahun terakhir, serta pelamahan terbaru dari pengeluaran rumah tangga. Sementara negara-negara berkembang menunjukkan isyarat stabilisasi dan pemotongan terbesar oleh produsen minyak AS telah menjalankan program mereka, cadangan bisnis yang tinggi relatif terhadap penjualan mewakili rintangan tambahan untuk pabrik-pabrik.

Perkiraan untuk indeks manufaktur dari 83 ekonom dalam survei Bloomberg berkisar antara 48,2 hingga 53.

Payroll pabrik menyusut pada bulan April untuk bulan kelima berturut-turut, menurut laporan ISM.

Laporan pekerjaan pada hari Jumat mendatang dari Departemen Tenaga Kerja diproyeksikan akan menunjukkan pekerjaan di semua industri tertahan pada bulan April. Ekonom memprediksi payroll naik sekitar 200.000 di bulan lalu setelah kenaikan 215.000 di bulan Maret.(frk)

Sumber: Bloomberg