Pergerakan Kebijakan Tokyo, Bursa Saham Asia Memerah; Sydney Turun

Rifan financindo – Bursa saham Asia bergerak lemah pada hari Selasa setelah pasar berbalik hati-hati pada upaya kebijakan moneter dan fiskal dari Jepang serta mencatat data Australia yang lemah.?Di Jepang, Nikkei 225 anjlok 0,68% setelah Menteri Keuangan Jepang Taro Aso mengatakan kurs nilai tukar menunjukkan “pergerakan yang sangat gugup” dan ia mengamati dengan seksama pergerakan mata uang. Selain itu, Perdana Menteri Shinzo Abe dijadwalkan untuk menyetujui ?13,5 triliun ($132 miliar) stimulus fiskal untuk meningkatkan perekonomian dan harga-harga.

Di Australia, S&P/ASX mereda 0,19% dengan persetujuan bangunan untuk bulan Juni turun 2,9%, dibandingkan dengan kenaikan 0,5% terlihat pada bulan-bulan dan defisit neraca perdagangan melebar ke A??$3,195 miliar dari defisit yang diharapkan sebesar A$2 miliar dan angka bulan sebelumnya sebesar A$2,418 miliar.
Komposit Shanghai turun 0,16%.

Semalam, bursa saham AS bergerak bervariasi setelah penutupan. Keuntungan diraih sektor Kesehatan, Teknologi dan Jasa Konsumen yang memimpin saham lebih tinggi sedangkan kerugian diderita sektor Minyak & Gas, Telekomunikasi dan Bahan Dasar memimpin saham lebih rendah.

Pada penutupan di NYSE, Dow Jones Industrial Average turun 0,15%, sedangkan indeks S&P 500 kehilangan 0,13%, dan Indeks Komposit NASDAQ bertambah 0,43% .

Sumber: investing.com

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA