Penurunan Produksi AS Hentikan Kenaikan Harga Minyak Dunia

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Harga minyak dunia berbalik naik pada Rabu (1/4/2015) waktu setempat (Kamis pagi WIB), terangkat oleh laporan pemerintah yang menunjukkan penurunan produksi minyak mentah AS.

70b9f6928b3fb403422717312ee5f28cPatokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Mei, naik 2,49 dollar AS menjadi ditutup pada 50,09 dollar AS per barel di New York Mercantile Exchange, menghentikan penurunan selama tiga hari berturut-turut.

Minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Mei, patokan global, menetap di 57,10 dollar AS per barel di perdagangan London, naik 1,99 dollar AS dari penutupan Selasa.

Laporan mingguan minyak terbaru Departemen Energi AS (DoE), seperti yang diharapkan, menunjukkan peningkatan lain dalam persediaan minyak mentah ke rekor tertinggi baru 471,4 juta barel.

Tetapi itu juga mengungkapkan sedikit penurunan produksi minyak mentah AS, sebesar 36.000 juta barel per hari, mengakhiri kenaikan panjang ke rekor tingkat produksi yang telah berkontribusi terhadap membanjirnya pasokan global.

Pasar juga didukung oleh terjadinya ledakan dan kebakaran di anjungan minyak lepas pantai yang dioperasikan oleh Pemex, Meksiko pada Rabu. Peristiwa itu? menewaskan sedikitnya empat pekerja, melukai 16 dan memaksa 300 pekerja lainnya dievakuasi. Kapal pemadam kebakaran sedang berjuang melawan kobaran api yang mengamuk ketika pasar minyak ditutup.

Bart Melek dari TD Securities menyebutkan, insiden tersebut juga mendorong kenaikan harga minyak.

 

Sumber : kompas.com