Pengusaha Australia Potong 2.900 Pekerjaan pada bulan April

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Pengusaha Australia tiba-tiba memotong pekerjaan di bulan April seiring meredanya booming investasi pertambangan dan kenaikan mata uang melemahkan daya saing industri lokal.

Jumlah orang yang dipekerjakan turun 2.900 dari bulan sebelumnya, dibandingkan dengan perkiraan ekonom untuk pertumbuhan sebanyak 4.000, menurut rilis data pemerintah pada hari Kamis. Tingkat pengangguran naik menjadi 6,2 persen dari 6,1 persen.

Bank sentral Australia (RBA) pekan ini menurunkan suku bunga menjadi 2 persen untuk membantu mengimbangi penguatan mata uang di tengah prediksi kekhawatiran industri di luar sektor pertambangan tidak akan cukup untuk mengisi kekosongan dalam perekonomian. Sejauh ini Australia masih berada di jalur pertumbuhan yang lebih rendah dibandingkan tingkat potensi selama 6 dari 7 tahun terakhir.

Hasilnya mencerminkan “payback” pasca rilis laporan yang lebih baik dari perkiraan di bulan sebelumnya, Paul Brennan, kepala ekonom di Australia untuk Citigroup Inc yang memprediksi penurunan sebanyak 5.000, sebelum laporan tersebut. Ini adalah “hanya kemunduruan kecil,” katanya.

Dolar Australia stagnan dan ditransaksikan di level 79,54 sen AS pukul 11:33 di Sydney. (izr)

Sumber: Bloomberg