Pembangunan Rumah di AS Bulan Desember Turun 2,5 %

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Konstruksi rumah baru di AS secara tak terduga turun di bulan Desember, menunjukkan industri kehilangan beberapa momentum untuk memasuki tahun 2016.

Perumahan baru di AS turun 2,5 % ke angka 1,15 juta untuk tingkat tahunan, dari revisi sebelumnya 1,18 juta pada bulan sebelumnya, menurut laporan dari Departemen Perdagangan, Rabu. Perkiraan rata-rata yang disurvei oleh Bloomberg menyerukan peningkatan menjadi 1,2 juta. Izin, proxy untuk pembangunan masa depan, juga mengalami penurunan terkait melemahnya aplikasi untuk proyek-proyek multifamily.

Permintaan perumahan akan terkena dampak positive dari pertumbuhan upah yang lebih cepat dan akses yang lebih luas yang berbasis kredit, memungkinkan lebih banyak warga Amerika untuk mengambil keuntungan dari suku bunga KPR yang rendah. Laporan menunjukkan pada bulan lalu dalam aplikasi untuk membangun rumah keluarga tunggal, yang menunjukkan konstruksi akan secara bertahap akan mengalami kenaikan dalam beberapa bulan mendatang.

Sepanjang tahun 2015, perumahan mulai naik 10,8 % menjadi 1,11 juta, yang merupakan tahunan terkuat untuk konstruksi sejak tahun 2007 lalu.

Perkiraan untuk mulai Desember berkisar diantara 1.11 juta – 1.3 juta pada bulan sebelumnya yang direvisi dari 1,17 juta.

Bulan lalu, izin pembangunan menurun 3,9 % ke angka 1,23 juta pada tingkat tahunan, mengirim kemerosotan sebesar 11,4 % dalam aplikasi untuk proyek-proyek multifamily. Izin pembangunan untuk tempat tinggal satu keluarga meningkat menjadi 740 ribu unit tahunan, tingkat tertinggi dalam 8 tahun terakhir. (knc)

Sumber : Bloomberg