Pelemahan Yen Berdampak Positif Bagi Saham Jepang

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham-saham Jepang naik, dipimpin oleh saham asuransi, penerbangan dan eksportir akibat pelemahan yen terhadap dolar setelah aksi jual ekuitas global.

Saham Nissan Motor Co. menambahkkan 2% setelah pelemahan yen mendorong outlook pendapatan ekspor. Saham Dai-ichi Life Insurance Co. naik 2,2% setelah Jiji Press mengatakan perusahaan sedang mempertimbangkan kenaikan dividen. Saham Japan Airlines Co. melonjak 3,4% setelah harga minyak mentah merosot di bawah $ 48 per barel kemarin. Sementara saham Brother Industries Ltd. turun 5,2% setelah perusahaan pembuat peralatan kantor tersebut setuju untuk membeli saham Domino Printing Sciences Plc. sebesar $ 1,6 miliar.

Indeks Topix naik 1,1% menjadi 1,542.67 pada istirahat perdagangan di Tokyo, dengan semua kecuali dua dari 33 kelompok industri yang menguat. Indeks tersebut menuju penutupan tertinggi sejak Desember 2007. Nikkei 225 Stock Average naik 1,1% menjadi 18,928.66. Sementara itu Yen tergelincir 0,2% menjadi 121,64 per dolar setelah melemah 0,3% pada hari Rabu.

Volume ekspor Jepang naik ke level tertinggi dalam empat tahun pada bulan Januari, didorong oleh meningkatnya permintaan dari Asia dan Amerika Serikat.(frk)

Sumber : Bloomberg