Pelaku Bisnis atau Investasi Saham di Indonesia

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Bagi para pelaku bisnis atau investasi saham di Indonesia, mengetahui daftar perusahaan pemilik saham yang sehat dan potensial sangat penting. Akan tetapi, lebih penting lagi jika bisa mengetahui daftar perusahaan pemegang saham yang potensial sesuai dengan periode waktu paling anyar, sehingga pelaku bisnis saham bisa membuat keputusan yang akurat. Dalam hal ini, Indeks Bisnis 27 adalah daftar pemilik saham yang wajib diketahui oleh para pebisnis dan investor Indonesia.

 

Pengertian Indeks Bisnis 27

Indeks Bisnis 27 adalah istilah untuk daftar indeks saham yang dibuat oleh Bursa Efek Indonesia, dan bekerjasama dengan pihak independen surat kabar Bisnis Indonesia. Pemilihan rekan kerjasama dengan Bisnis Indonesia dimaksudkan sebagai sarana untuk menetapkan pilihan paling akurat berdasarkan kondisi iklim bisnis dan investasi teranyar di Indonesia, plus untuk memastikan bahwa pihak yang membantu BEI memutuskan daftar pemilik indeks saham adalah pihak yang bukan hanya kompeten, namun juga independen dan tak memiliki kepentingan tertentu.

Pemilihan daftar indeks saham ini dilakukan setiap 6 bulan sekali, dikarenakan iklim bisnis dan investasi yang bisa saja berubah dengan cepat serta mengantisipasi berbagai tren saham. Untuk periode teranyar, penentuannya dilakukan untuk periode November 2013 hingga April 2014. November dan Mei menjadi bulan-bulan dimana BEI dan Bisnis Indonesia menyeleksi daftar perusahaan yang akan menjadi anggota indeks bisnis 27.

 

Cara Menentukan Daftar Indeks Bisnis 27

Tentu saja, menentukan perusahaan mana saja yang berhak masuk daftar Indeks Bisnis 27 bukan perkara mudah. Ada banyak kriteria yang harus diseleksi. Hal ini penting karena setiap pilihan akan bergantung pada keputusan banyak pelaku bisnis dan investor saham. Kriteria khusus yang harus dipenuhi dalam menentukan daftar Indeks Bisnis 27 antara lain adalah:

  • Kriteria Dasar

Kriteria paling mendasar alias fundamental yang digunakan untuk menentukan daftar perusahaan di dalam indeks ini semua menyangkut laba, faktor balik modal dan faktor aset. Faktor-faktor yang dianalisa dan diseleksi antara lain laba bersih dan laba usaha, ROA, ROE, LDR (untuk bank) dan DER. Semuanya harus menunjukkan hasil positif secara konsisten.

  • Faktor Akuntabilitas

Perusahaan yang berhak masuk dalam daftar indeks saham unggulan tentu saja harus memiliki sistem pengelolaan yang baik dan akuntabilitas dari kinerja serta saham-saham yang dimiliki perusahaan tersebut. Agar bisa membantu penilaian untuk menghasilkan daftar akurat, BEI membentuk semacam badan atau komite yang fungsinya menganalisa dan menyeleksi tiap perusahaan berdasarkan jenisnya. Untuk melaksanakan tugas tersebut, tiap anggota komite khusus harus terdiri dari orang-orang yang memiliki pengetahuan khusus sesuai dengan bidang kerja semua perusahaan yang sedang diseleksi untuk masuk ke dalam indeks saham.

  • Faktor Teknis dan Transaksi

Setiap perusahaan yang hendak masuk ke dalam daftar indeks saham BEI harus memiliki transaksi likuid baik dalam hal jumlah maupun volume. Hal ini harus konsisten.

 

Perusahaan yang Masuk Daftar Indeks Bisnis 27 Terbaru

Dari semua perusahaan yang masuk ke dalam daftar indeks saham terbaru periode November 2013 hingga April 2014, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk memiliki jumlah saham terbanyak yaitu lebih dari 100,799,000,000. Di posisi sekanjutnya ada PT Kalbe Farma dengan jumlah saham lebih dari 50,780,000,000.? PT Astra Agro Lestari menempati urutan jumlah saham yang terkecil dengan 1,574,745,000. Perusahaan lain yang masuk ke dalam daftar Indeks Bisnis 27 antara lain PT Bank Mandiri, PT Bukit Asam, PT Bumi Serpong Damai dan PT Perusahaan Gas Negara.