PDB Australia Pada Q1 Melebihi Perkiraan Ekonom

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Ekonomi Australia tumbuh pada laju yang lebih cepat melebihi perkiraan para ekonom pada kuartalan bulan Maret, menurut data dari Biro Statistik Australia.

Data ABS menunjukkan produk domestik bruto (PDB) tumbuh disesuaikan secara musiman sebesar 0,9 % dalam 3 bulan terakhir sampai akhir Maret lalu.

Hasilnya sedikit melampaui perkiraan. Ekonom yang disurvei oleh Bloomberg telah memperkirakan pertumbuhan ekonomi sebesar 0,7 % per kuartalan. Hasilnya adalah meningkatnya pertumbuhan ekonomi pada laju 0,5 % pada kuartal bulan Desember.

Selama 12 bulan terakhir sampai bulan Maret, PDB disesuaikan musiman naik 2,3 %. Angka tersebut dalam setahun penuh masih jauh di bawah tingkat tren pertumbuhan jangka panjang sekitar 3,25 %.

Para analis telah memperkirakan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 2,1 %.

Hari ini data yang muncul setelah pemerintah pusat tip pertumbuhan PDB riil sebesar 2,75 % pada tahun 2015-2016 dalam anggaran bulan Mei, perkiraan rata-rata RBA dalam setahun yang dikeluarkan dalam pernyataan terbaru pada Kebijakan Moneter, pertumbuhan perekonomian antara 2 % dan 3 %. (knc)

Sumber : BusinessSpectator