Pasca Pernyataan The Fed Antarkan Saham Eropa Berakhir Menguat

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Eropa menguat ke level tertingginya sejak tahun 2000, terkait dengan Federal Reserve mengakui moderasi dalam pertumbuhan ekonomi, memicu spekulasi bahwa The Fed tidak akan terburu-buru untuk menaikkan suku bunga.

Sebanyak 16 dari 19 kelompok industri pada Indeks Stoxx Europe 600 naik, dipimpin oleh perusahaan-perusahaan energi. Saham Royal Dutch Shell Plc naik 1,2 %, sementara saham Premier Oil Plc melonjak sebesar 8,1 %, yang merupakan kenaikan terbesarnya di Indeks Stoxx 600.

Indeks Stoxx 600 naik 0,6 % ke level 400,98 pada pukul 4:30 sore waktu London. Ekuitas kemarin naik diikuti saham Inggris setelah presentasi anggaran dan saham Swedia melonjak setelah menurunkan suku bunga acuan. Indeks Stoxx 600 telah melonjak sebesar 17 % pada tahun ini.

The Fed memangkas estimasi untuk suku bunga acuan AS pada akhir tahun 2015, mengurangi kekhawatiran bahwa memperketat kebijakan moneter yang akan menghambat permintaan untuk aset berisiko dan mengirim penguatan mata uang dolar. (knc)

Sumber : Bloomberg