Open Interest Merosot Ke Level 5 Thn Terendahnya, Tekan Emas Berjangka Turun

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Harga emas turun akibat para investor mempengaruhi kepemilikan pada kontrak berjangka dan opsi ke level terendahnya dalam hampir 5 tahun terakhir ditengah meredanya ketegangan di Ukraina.

Open interest di Bursa Comex turun 2.1% pada 5 Agustus lalu menjadi 563,036 kontrak, hal tersebut menurut rilis data pemerintah AS pada 8 Agustus lalu. Angka terendah sejak September 2009 silam. Russia telah mengakhiri latihan militer di wilayah Astrakhan, menarik pasukannya kembali ke barak, menurut Interfax.

Emas telah reli sebesar 9% sepanjang tahun 2014 ini, menentang perkiraan akan situasi pasar yang menurun (bearish) dari Goldman Sachs Group Inc., kenaikan tersebut akibat ketegangan di wilayah Timur Eropa dan Timur Tengah yang mendongkrak permintaan logam sebagai tempat lindung nilai terhadap penurunan aset lainnya. Pada 2013 lalu, tanda-tanda kenaikan ekonomi AS telah menyebakan komoditas turun 28% seiring saham-saham naik pada rekornya. Sementara hari ini Indeks MSCI All-Country World naik sebesar 1%.

Emas berjangka untuk pengiriman Desember turun kurang dari 0.1% dan diselesaikan pada level $1,310.50 per ounce pukul 1:38 siang di Comex, New York. Perdagangan sebesar 52% dibawah rata-rata 100 hari lalu, menurut data yang dihimpun oleh Bloomberg.

Pekan lalu, kepemilikan produk reksadana yang berbasis emas turun 7.4 metrik ton, penurunan tajam sejak Juni lalu, menurut data yang dihimpun oleh Bloomberg. Manajer keuangan menurunkan posisi beli bersih sebesar 15% pada 5 Agustus lalu, menurut U.S. Commodity Futures Trading Commission.

Sementara perak berjangka untuk pengiriman bulan September catat gain 0.8% ke level $20.095 per ounce di Comex.

Di New York Mercantile Exchange, palladium berjangka untuk pengiriman bulan September naik 1.7% ke level $874.70 per ounce, kenaikan tertinggi sejak 19 Juni lalu. Perdagangan sebesar 43% diatas 100 hari rata-rata, menurut rilis data Bloomberg. Logam tersebut telah mengalami kenaikan sebesar 22% sepanjang tahun 2014 ini.

Platinum berjangka untuk pengiriman bulan Oktober turun 0.5% ke level $1,471.60 per ounce. (bgs)

Sumber : Bloomberg