Nikkei Perpanjang Gain Terkait Harapan Stimulus

RIFANFINANCINDO – Nikkei Jepang di level intraday tertinggi dalam satu bulan sebelum berakhir naik 0,8 persen di level 16,231.43, membawa laba sejak kemenangan pemilu Perdana Menteri Shinzo Abe pada hari Minggu menjadi 7,4 persen.

Perbankan menjadi top gainers di antara 33 subindeks industri dalam Tokyo Stock Exchange, menambahkan 3,9 persen.

Eksportir mendapat titik terang dengan tergelincirnya yen ke level terendah tiga minggu hampir 105 terhadap dolar. Saham Nintendo berada di dekat 6,1 persen setelah melonjak 50 persen selama empat hari terakhir.

Indeks Topix naik 1,1 persen menjadi 1,300.26 tetapi Topix small cap naik hanya 0,6 persen. Sebaliknya, indeks Topix inti 30 perusahaan terbesar naik 1,6 persen.

Sementara sentimen dibantu oleh reli dari saham-saham AS ke rekor tertinggi menyusul data pekerjaan yang kuat minggu lalu, ada spekulasi baru bahwa Abe akan meluncurkan kampanye baru untuk me-reboot ekonomi yang telah mengancam untuk turun kembali ke deflasi.

Pada hari Selasa, hanya sehari setelah Abe memerintahkan paket stimulus baru, ia bertemu dengan mantan Ketua Federal Reserve AS Ben Bernanke, yang dikenal sebagai pendukung stimulus moneter termasuk kebijakan “helicopter money” – mencetak uang dan menyerahkannya langsung ke konsumen untuk merangsang ekonomi.(frk)

Sumber: Reuters

PT Rifan Financindo

RifanFinancindo

Disclaimer: Semua informasi yang terdapat dalam website kami ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan berita terbaik, namun demikian kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari website kami ini. Kami berhak mengatur dan menyunting isi saran atau tanggapan dari pembaca atau pengguna agar tidak merugikan orang lain, lembaga, ataupun badan tertentu serta menolak isi berbau pornografi atau menyinggung sentimen suku, agama dan ras.