Nikkei 225 Perpanjang Penurunan pasca Start Terburuk Sejak 1970

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang turun untuk hari kelima, memperpanjang start tahunan terburuk Nikkei 225 Stock Average setidaknya sejak 1970, menyusul gejolak di pasar Cina terus bergema di seluruh dunia.

Indeks Nikkei 225 turun 0,9 persen ke level 17,599.55 pada pukul 09:02 pagi waktu Tokyo setelah jatuh 6,7 persen dalam empat hari pertama tahun ini. Fast Retailing Co, yang merupakan saham terbesar, tidak diperdagangkan dan bersiap untuk mendapatkan penurunan setelah pengecer memangkas proyeksi pendapatannya. Indeks Topix kehilangan 1 persen ke level 1,443.98, menuju pekan terburuk sejak September. Yen diperdagangkan pada level 117,52 per dolar,mendekati level terkuat sejak Agustus. Saham AS menutup empat hari awal mereka dengan rekor terburuk tahunan dalam data akan dimulai sejak 1928.

Investor menunggu kabar di pasar Cina, di mana pihak berwenang Kamis mengumumkan penangguhan setelah pemutus sirkuit menghentikan perdagangan yang kedua minggu ini, termasuk kemarin saat perdagangan dihentikan setengah jam setelah pasar dibuka. Langkah-langkah, yang diperkenalkan hari Senin, disalahkan karena memperburuk volatilitas yang bergejolak di seluruh pasar global. (sdm)

Sumber: Bloomberg