Negosiasi Utang Yunani Berakhir Deadlock

Negosiasi Utang Yunani Berakhir Deadlock RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Negosiasi utang Yunani bersama para kreditor internasional berakhir deadlock, Minggu 14 Juni 2015.

Tidak adanya kemajuan ini membuat para pemimpin Eropa frustasi. Pasalnya, bila Yunani gagal bayar utang akan mempengaruhi masa depan euro.

Seperti dikutip dari Reuters, negosiasi gagal untuk Yunani mendapatkan dana baru guna membayar utang senilai US$1,8 miliar kepada Dana Moneter Internasional (IMF) yang akan jatuh tempo akhir Juni ini.
Yunani menyatakan kesediaannya untuk bernegosiasi kembali. Namun para pemimpin Uni Eropa dan IMF meyatakan mereka tidak berotoritas untuk melakukan negosiasi lebih lanjut.
Negosiasi tidak berjalan dengan baik karena Athena menolak tuntutan kreditor untuk kembali memotong gaji dan pensiun.
“Ini sangat mengecewakan dan menyedihkan. Ini adalah upaya terakhir untuk menjembatani perbedaan, tetapi perbedaannya terlalu besar,” kata seseorang yang mengetahui proses negosiasi saat berbincang denganReuters.
Pada pertemuan Minggu, negosiasi antara Yunani dan kreditor hanya berlangsung kurang dari satu jam. Menteri ekonomi Uni Eropa menyatakan akan membicarakan masalah ini dalam pertemuan, Kamis pekan ini. (ase)
Sumber :?http://bisnis.news.viva.co.id