Minyak Turun ke Level 4 Tahun Terendah Jelang Rapat OPEC

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Harga minyak merosot ke level terendah empat tahun ditengah kekhawatiran bahwa OPEC yang tidak setuju untuk memangkas produksi pada pertemuan hari ini, sementara emas turun. Saham China diperdagangkan pada level tertinggi tiga tahun terkait pelonggaran kebijakan moneter lebih lanjut dan penguatan yen untuk hari ketiganya.

Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) turun 1,3% menjadi $ 72,73 per barel pada 03:24 sore di Tokyo, jatuh untuk hari keempat secara beruntun. Indeks Shanghai Composite naik 0,3%, menyentuh level intraday tertinggi sejak Agustus 2011. Samsung Electronics naik sebanyak 8,3% di Seoul setelah pihaknya mengatakan akan membeli kembali unit saham. Indeks berjangka Standard & Poor sedikit berubah setelah Indeks AS naik ke rekornya. Yen naik 0,3% dan emas tergelincir 0,2%.

Harga minyak mentah mengalami penurunan di tahun ini, memicu kekhawatiran deflasi, ditengah produksi minyak AS berada pada level tertinggi dalam tiga dekade terakhir serta tanda-tanda melambatnya permintaan global.(yds)

Sumber: Bloomberg