Minyak Pangkas Gain Mingguan Ke-3 Setelah Menembus Level $ 50

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Minyak memangkas kenaikan mingguan ketiga karena produsen energi asal Kanada bergerak untuk melanjutkan operasinya setelah kebakaran hutan mereda.

Minyak berjangka turun 0,9 persen di New York, pengupas kenaikan mingguan menjadi 2,7 persen. Suncor Energy Inc. berusaha untuk mengembalikan sebagian besar pekerjanya minggu depan dan mulai startup fasilitas oil-sands. Harga minyak naik di atas $ 50 per barel pada hari Kamis karena penurunan cadangan minyak mentah AS dan produksi mempercepat rebound setelah gangguan global memangkas kelimpahan pasokan pasar.

Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli turun sebanyak 45 sen menjadi $ 49,03 per barel di New York Mercantile Exchange dan berada di $ 49,06 pada pukul 08:02 pagi di London. Kontrak WTI turun 8 sen dan ditutup di $ 49,48 pada hari Kamis setelah naik 3,8 persen dalam tiga sesi sebelumnya.

Minyak Brent untuk pengiriman Juli turun sebanyak 49 sen, atau 1 persen, ke $ 49,10 per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London. Kontrak Brent pada hari Kamis turun 15 sen menjadi $ 49,59 setelah naik ke $ 50,51 pada perdagangan intraday. Harga Brent naik 0,9 persen minggu ini. Acuan global diperdagangkan lebih besar 8 sen dari WTI.(frk)

Sumber: Bloomberg