Minyak Menuju Penurunan Mingguan Pertama Jelang Pertemuan OPEC

70b9f6928b3fb403422717312ee5f28cRIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Minyak menuju penurunan mingguan pertama sejak Maret lalu di tengah spekulasi OPEC yang akan mempertahankan target output pada pertemuan Jumat ini, sehingga pasar kelebihan pasokan.

Kontrak sedikit berubah di New York, bersiap untuk penurunan 4 % sampai tanggal 5 Juni. Organisasi Negara Pengekspor Minyak akan melanjutkan perlawanan untuk mempertahankan pangsa pasar, menurut Maria van der Hoeven, direktur eksekutif Badan Energi Internasional. Kelompok 12 anggota diperkirakan akan mempertahankan target produksi harian sebesar 30 juta barel tidak berubah pada pertemuan di Wina.

Pemulihan minyak dari level 6 tahun terendah telah goyah dekati level $ 60 per barel di tengah tanda-tanda melimpahnya pasokan global yang akan bertahan sebagai kenaikan harga memacu pemulihan dalam output AS. Arab Saudi mendukung strategi guna mendorong pangsa pasar setelah memimpin keputusan kelompok pada bulan November untuk tidak menurunkan target OPEC.

Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman bulan Juli tidak berubah pada level $ 58 per barel di perdagangan elektronik di New York Mercantile Exchange pada pukul 10:17 pagi waktu Sydney. Kontrak kemarin turun $ 1,64 atau 2,8 %. Volume semua berjangka yang diperdagangkan adalah sekitar 85 % di bawah rata-rata 100 hari.

Brent untuk pengiriman bulan Juli naik 9 sen ke level $ 62,12 per barel di London berbasis ICE Futures Europe exchange. Kontrak kemarin menurun $ 1,77 atau 2,8 %, ke level $ 62,03 per barel. Total penurunan sebesar 5,3 % selama minggu ini, penurunan terbesarnya dalam hampir 3 bulan terakhir. Minyak mentah acuan Eropa diperdagangkan pada premium dari level $ 4,14 dibandingkan minyak mentah WTI. (knc)

Sumber : Bloomberg