Bursa Asia Merosot Mengikuti Indeks Topix Jepang dengan Saham Komoditas

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Asia jatuh untuk hari kedua, setelah turunnya ekuitas global seiring pelemahan dalam produsen komoditas dengan minyak dan tembaga berada pada kekhawatiran tentang pertumbuhan global moderat sebelum keputusan kebijakan bank sentral.

Indeks MSCI Asia Pacific jatuh 0,8 % ke level 130,60 pada pukul 09:10 pagi waktu Tokyo, pangkas kenaikan pekan ini menjadi 0,6 %. Optimisme bahwa biaya pinjaman akan tetap rendah untuk lebih lama di tengah lesunya pertumbuhan ekonomi dunia mereda menjelang serangkaian peristiwa dalam dua minggu ke depan. Sebelum pertemuan Federal Reserve dan Bank of Jepang (BOJ) minggu depan, diikuti oleh pemungutan suara pada keanggotaan Inggris di Uni Eropa, memiliki potensi membuat pasar menjadi kacau.

Ekuitas global telah kembali bangkit dari posisi terendahnya bulan Februari diikuti rally pada saham komoditas. Harga minyak naik tajam lebih dari 90 % di tengah gangguan tak terduga dan merosot tajam dalam hasil produksi AS, yang berada di bawah tekanan kebijakan Organisasi Negara Pengekspor Minyak yang ‘memompa tanpa batas. (knc)

Sumber : Bloomberg