Microsoft Luncurkan Browser Baru

MicrosoftRIFAN FINANCINDO – Setelah diuji coba beberapa bulan lalu, Microsoft secara resmi merilis browser terbarunya, Edge Chromium. Browser ini memiliki performa yang lebih cepat ketimbang Edge versi sebelumnya.

Edge Chromium merupakan buah kerja sama antara Microsoft dan Google. Microsoft, membuat browser ini dengan basis Chromium layaknya peramban Google Chrome.

Artinya, Edge Chromium memiliki fitur dan kemampuan yang mirip-mirip dengan Google Chrome seperti salah satunya adalah dukungan ekstensi.

Bahkan history, password, dan bookmark milik pengguna yang sebelumnya ada pada Google Chrome pun dapat disinkronkan dengan Edge Chromium.

Tak hanya fitur, tampilannya pun cukup mirip dengan performa yang sama-sama gesit. Meski demikian, ada sedikit perbedaan antara Edge Chromium dan Google Chrome. Microsoft membenamkan fitur keamanan yang lebih canggih agar privasi pengguna dapat lebih terjaga dari serangan di dunia maya.

Microsoft juga kabarnya telah membekali browser terbarunya ini dengan menyematkan fitur anti-tracking untuk melindungi privasi pengguna.

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (17/1/2020), Microsoft juga mulai bekerja sama dengan perusahaan OEM (Original Equipment Manufacturer) untuk mendistribusikan Edge Chromium pada produk-produk baru.

Dengan demikian, perangkat elektronik seperti laptop dan PC yang dibekali dengan Windows, akan dilengkapi dengan Edge Chromium.

Meski telah resmi dirilis, saat ini versi ARM64 pada Edge masih belum tersedia. Selain itu, browser ini juga diklaim telah mendukung kualitas gambar 4K pada Netflix lengkap dengan Dolby Atmos dan Dolby Vision.

Saat ini, Edge Chromium dapat diunduh secara manual melalui halaman resmi Microsoft. Namun dalam beberapa bulan kedepan, Microsoft berencana untuk menggelontorkan Edge Chromium melalui pembaruan Windows 10 untuk menggantikan versi lamanya.

Edge Chromium saat ini telah tersedia untuk perangkat dengan sistem operasi Windows dan macOS. Nantinya Edge Chromium juga akan hadir pada perangkat Android serta iOS.

 

Sumber : kontan