Meningkatnya Sektor Ekportir Angkat Saham Jepang di Sesi Break

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang menguat, didorong oleh sektor eksportir seiring pelemahan yen terhadap dolar setelah laporan pekerjaan AS yang melebihi perkiraan mendorong kemungkinan bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga pada bulan depan.

Toyota Motor Corp, yang mendapatkan 78 % dari penjualan mobil di luar negeri, naik 1,8 %, meningkatnya eksportir terkemuka. Saham Olympus Corp melonjak 16 %, kenaikan terbesar dalam 2 1/2 tahun terakhir, setelah laba pada perusahaan pembuat sistem medis melampaui estimasi. VITEC Holdings Co Ltd merupakan salah satu yang mengalami penurunan terbesar di Indeks Topix, anjlok sebesar 12 %, setelah perusahaan pembuat barang elektronik mengurangi perkiraan labanya.

Indeks Topix naik 2 % ke level 1,594.01 pada istirahat perdagangan di Tokyo, memperpanjang kenaikan hingga 16 % dari level 8 bulan terendah pada 29 September lalu. Volume perdagangan adalah sekitar 14 % lebih tinggi dari 30-hari rata-rata intraday. Indeks Nikkei 225 Stock Average menguat 2,1 % ke level 19,678.39. Sementara itu, Yen diperdagangkan pada level 123,37 per dolar setelah Jumat lalu turun 1,1 % terkait laporan pekerjaan bulanan AS pada tahun ini merupakan kinerja terbaik mendorong peluang untuk kenaikan suku bunga pada tahun 2015 sebesar 68 %. (knc)

Sumber : Bloomberg