Mengikuti Wall Street, Bursa Asia Melanjutkan Penguatan

Mengikuti Wall Street, Bursa Asia Melanjutkan PenguatanRIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Bursa Asia mengikuti Wall Street melanjutkan penguatan pada pembukaan hari ini Selasa 6 Oktober 2015. Kesepatan baru Trans-Pasifik Partnership (TPP), yang diikuti Amerika Serikat (AS), Jepang dan 10 negara Asia Pasifik lainnya, turut berkontribusi penguatan pasar modal di Asia.

Dilansir CNBC, indeks Jepang, Nikkei, naik 314 poin atau 1,75 persen. Sedangkan indeks Kospi Korea Selatan naik 0,77 persen dan Indeks Australia ASX 200 naik 1,05 persen. Sementara bursa saham China masih ditutup karena libur Nasional hingga Rabu nanti.

TPP berhasil mendorong sentimen positif pasar dengan kesepakatan perdagangan, yang disebut-sebut sebagai kesepakatan terbesar. Menurut Peterson Institute for Internasional Economics kesepakatan ini diperkirakan dapat memberikan keuntungan imbal hasil global US$295 miliar di 2025.

Saham-saham perusahaan yang diperkirakan akan mendapat keuntungan dari kesepakatan TPP ini pun menguat. Saham perusahaan petrokimia Nihon Nohyaku, dan perusahaan suku cadangan otomotif Keihin naik antara satu sampai tiga persen.

Sumber : http://bisnis.news.viva.co.id