Mengekor Wall Street, Saham Asia Menguat

RIFAN FINANCINDO – Memperpanjang reli, pasar saham Asia dibuka lebih tinggi pada perdagangan Rabu setelah indeks saham di bursa Wall Street Amerika Serikat (AS) mencapai rekor tertinggi pada penutupan perdagangan dini hari tadi.

Dilansir dari laman CNBC, Rabu 13 Juli 2016, ?indeks saham Australia ASX 200 naik 0,51 persen pada awal perdagangan, didorong oleh keuntungan, di antaranya pada saham energi dan keuangan. Saham BHP Billiton naik 2,21 persen, sedangkan Fortescue menguat 2,76 persen, dan Rio Tinto terangkat 2,04 persen.

BACA JUGA : Harga Emas Masih Tertekan

Di Jepang, indeks saham Nikkei 225 naik 1,9 persen dan indeks Topix menguat 2,01 persen, setelah pasar saham menerima dorongan dari nilai tukar yen. Melintasi Selat Korea, indeks Kospi naik 0,91 persen.

Dari bursa Wall Street, Dow Jones Industrial Average ditutup naik 120,74 poin atau 0,66 persen, menjadi 18.347,67. Indeks saham S&P 500 ditutup tertinggi pada Senin, setelah menguat 14,98 poin, atau 0,7 persen ke level 2.152,14.

Indeks komposit Nasdaq juga terangkat 34,18 poin atau 0,69 persen menjadi 5.022,82.?Sebelumnya, saham di zona Euro ditutup lebih tinggi, sedangkan FTSE ditutup turun 0,1 persen.

“Setelah berhadapan dengan prospek perlambatan utama dalam kegiatan global yang dibangun dari suara Brexit, pemerintah dan bank sentral di seluruh dunia saat ini diperkirakan melakukan yang terbaik untuk meyakinkan pasar dan memberikan stimulus,” kata Angus Nicholson, analis pasar IG.

Contohnya di Jepang, Perdana Menteri Shinzo Abe memerintahkan babak baru stimulus fiskal menyusul kemenangan telak dalam pemilihan majelis tinggi selama akhir pekan.

Sejumlah saham produk ekspor Jepang naik. Toyota menguat 2,9 persen, Nissan lebih tinggi 3 persen, Honda naik 4,63 persen, dan Sony terangkat 1,08 persen.

Sementara itu, harga minyak berangsur turun, dengan Brent terkoreksi 1,09 persen pada US$47,94 per barel. Harga minyak mentah berjangka AS turun satu persen menjadi US$46,33 per barel.

Sumber : http://bisnis.news.viva.co.id

PT Rifan Financindo

Rifan Financindo

Disclaimer: Semua informasi yang terdapat dalam website kami ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan berita terbaik, namun demikian kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari website kami ini. Kami berhak mengatur dan menyunting isi saran atau tanggapan dari pembaca atau pengguna agar tidak merugikan orang lain, lembaga, ataupun badan tertentu serta menolak isi berbau pornografi atau menyinggung sentimen suku, agama dan ras.