Mengekor Wall Street, Pasar Saham Asia Dibuka Menguat

Mengekor Wall Street, Pasar Saham Asia Dibuka MenguatRIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Pasar saham Asia dibuka lebih tinggi pada perdagangan Rabu pagi, setelah kenaikan harga minyak dan keuntungan di pasar saham Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari CNBC, Rabu, 13 April 2016, indeks saham Australia ASX 200 naik 1,18 persen pada awal perdagangan, didorong oleh kemajuan di sektor keuangan.

Di Jepang, indeks Nikkei 225 menguat 1,42 persen, didukung oleh pelemahan Yen terhadap dolar. Eksportir utama Jepang sebagian besar menunjukkan kenaikan, dengan saham Toyota naik 0,64 persen, Nissan lebih tinggi sebesar 1,71 persen dan Honda menambahkan 1,48 persen. Saham Sony turun 0,23 persen.

Dalam berita perusahaan, saham Nomura terangkat 1,35 persen, setelah naik 7,43 persen di sesi sebelumnya. Bank Jepang akan merestrukturisasi bisnisnya di Eropa dan Amerika, menutup beberapa operasi di Eropa.

Direktur Strategi Valuta Asing BK Asset Management,?Kathy Lien mengatakan, bahwa kejutan kenaikan di perdagangan China pada hari ini bisa meningkatkan pasar saham Australia ke posisi tertinggi.

Saham penambang utama Rio Tinto, Fortescue dan BHP Billiton naik antara 2,7 persen dan empet persen.

Harga minyak menguat semalam, dengan Brent berjangka menambahkan 4,3 persen menjadi US$44,69 per barel, sementara minyak mentah berjangka AS naik 4,48 persen menjadi US$42,17.

Pasar di Korea Selatan dan Thailand ditutup hari ini, sementara China diperkirakan akan merilis data perdagangan bulan Maret.

Sumber : http://bisnis.news.viva.co.id