Menanti Rilis Data Pekerjaan, Pound Terdepresiasi Terhadap Euro

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Pound turun untuk pertama kalinya dalam 5 hari terakhir terhadap euro menjelang rilis data yang oleh para ekonom perkirakan akan menunjukkan adanya pemulihan pada pasar tenaga kerja Inggris.

Sterling menahan gain selama 3 hari terhadap dolar ditengah langkah para investor yang menunggu laporan inflasi kuartalan dari BOE (Bank of England) dan pertanayan pertama kepada para pejabat BOE sejak mereka memasuki masa kampanye pemilu pada 6 pekan lalu. Pada periode kali ini, data bervariasi dengan perlambatan pertumbuhan ekonomi kuartal pertama dari yang analis perkirakan, sementara produksi industri secara mengejutkan menunjukkan kenaikan.

Sepanjang tahun ini tepatnya kemarin poundsterling sempat melonjak ke level tertingginya terhadap dolar seiring menurunnya volatilitas sejak Parati Konservatif memperoleh suara mayoritas pada pemilu tanggal 7 Mei kemarin di Inggris.

Pound turun 0.2% ke level 71.69 pence per euro pukul 7:09 pagi ini waktu London dan 4 hari sebelumnya sempat naik 4%. Selasa kemarin sterling stagnan di level $1.5670, setelah sempat mencapai level $1.5711 yang sekaligus tertingginya sejak 17 Desember tahun 2014 kemarin. (bgs)

Sumber : Bloomberg