Memudarnya Kekhawatiran Terhadap Serangan di Paris Jadikan Saham Eropa Menguat

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Eropa raih gain terbesar dalam 3 minggu terakhir, seiring meredanya atas kekhawatiran tentang dampak geopolitik serangan di Paris.

Saham Cable & Wireless Communications Plc melonjak 5,1 % setelah perusahaan Liberty global Plc setuju untuk membeli sahamnya. Saham energi mencatatkan kenaikan terbesar di antara kelompok industri di Eropa, yang melacak rebound di ekuitas AS kemarin. Saham Tullow Oil Plc dan Royal Dutch Shell Plc menguat 2,5 % atau lebih.

Indeks Stoxx Europe 600 menguat 1,4 % pada pukul 08:15 pagi waktu London, seiring semua 19 kelompok industri bergerak naik. Indeks acuan Eropa kemarin berfluktuasi pasca serangan teror di Paris, sebelum ditutup 0,3 % lebih tinggi.

Sebuah laporan hari ini akan menunjukkan indeks kepercayaan investor di Jerman meningkat pada bulan ini dari periode sebelumnya, menurut perkiraan ekonom yang disurvei oleh Bloomberg.

Di antara saham lain yang aktif di berita perusahaan, saham Genmab A / S melonjak 11 % setelah perusahaan obat tersebut mengembangkan dengan Johnson & Johnson yang memenangkan persetujuan untuk mengobati kanker darah yang mematikan. Genmab akan mendapatkan pembayaran sebesar $ 45 juta dari perusahaan J & J karena keputusannya tersebut.

Saham EasyJet Plc turun 3,1 % setelah mencatatkan penjualan yang meleset dari estimasi analis dan perkiraan penurunan pendapatan per kursi pada semester pertama tahun depan.

Indeks Stoxx 600 rebound 12 % dari level terendahnya pada bulan September hingga 4 November lalu, sebelum menghentikan kenaikan di tengah melemahnya pertumbuhan ekonomi dan spekulasi kenaikan suku bunga AS. (knc)

Sumber : Bloomberg