Membaiknya Data Pekerjaan AS Tekan Emas Ke Level 3 Bulan Terendah

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas dekati level 3 bulan terendah setelah laporan pemerintah menunjukkan laju pertumbuhan pekerjaan AS dipercepat pada bulan Oktober, mendorong kenaikan suku bunga pada bulan Desember mendatang.

Bullion untuk pengiriman segera sedikit berubah berada dilevel $ 1,091.20 per ons pada pukul 8:49 pagi di Singapura, menurut harga dari Bloomberg. Harga bullion anjlok sebanyak 1,7 % pada hari Jumat ke level $ 1,085.56, yang merupakan level terendah sejak 7 Agustus lalu.

Investor emas sedang mencari petunjuk harga terkait kenaikan suku bunga AS untuk pertama kalinya sejak tahun 2006, karena biaya pinjaman yang lebih tinggi menekan daya tarik emas. Sebanyak 271,000 ditambahkan pada pekerjaan, yang merupakan kenaikan terbesar pada tahun ini dan melampaui semua perkiraan yang disurvei oleh Bloomberg, menurut laporan Departemen Tenaga Kerja, Jumat. Ketua The Fed Janet Yellen, pekan lalu mengatakan bahwa perbaikan dalam ekonomi AS berarti mendukung kenaikan suku bunga pada bulan depan jika data ekonomi terus membaik. (knc)

Sumber : Bloomberg