Mayoritas Saham Asia Kecuali Jepang Mengikuti Rally Ekuitas AS

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Mayoritas ekuitas Asia mengikuti rally saham AS, seiring awal musim keuntungan di Amerika mengalihkan beberapa fokus dari kekhawatiran atas China dan didorong anjloknya harga komoditas.

Saham Australia dan Selandia Baru menguat untuk pertama kalinya pada tahun ini, sementara indeks berjangka pada saham di Hong Kong dan China mengisyaratkan kenaikan menyusul meningkatnya konsumen perusahaan yang memimpin di ekuitas AS pada akhir perdagangan hari Senin. Indeks berjangka Jepang mengalami penurunan di pra-pasar Osaka pasca pasar ditutup untuk liburan pada sesi terakhir. Sementara itu, mata uang Rand Afrika Selatan memperpanjang kerugian setelah merosot lebih dari 9 % menuju rekor terendahnya kemarin. Sedangkan minyak mentah mendekati level $ 31 per barel setelah memimpin indeks komoditas Bloomberg untuk level terendah sejak 1999.

Melonjaknya saham konsumen dan saham teknologi di sesi sore hari menghentikan penurunan di Indeks Standard & Poor 500, sedangkan saham Alcoa Inc awalnya menguat dalam perdagangan after market terkait laporan AS dengan pendapatan yang lebih baik dari estimasi. Pedagang di Jepang mengalami kemerosotan pada Selasa ini, dengan rally di AS dan pelemahan yen menghentikan beberapa negatif dari 2 % aksi jual pada sesi penutupan saham Asia. Pasar ekuitas telah menurun di tahun 2016 karena kekhawatiran atas manajemen China dari perlambatan ekonomi memicu sentimen dan mengurangi permintaan untuk aset berisiko. (knc)

Sumber : Bloomberg