Masa Pandemi, Ini 6 Cara Kuatkan Imun

olahraga-pagi1RIFAN FINANCINDO – Di masa pandemi, kekebalan tubuh menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Kekebalan tubuh menjadi penting dikarenakan berfungsi untuk melindungi manusia dari berbagai ancaman. Sistem kekebalan terdiri dari jaringan kompleks sel dan protein yang bekerja sama untuk melindungi tubuh dari infeksi.

Sistem tubuh ini menyimpan berbagai catatan kuman yang dapat disebut dengan mikroba yang pernah dikalahkan. Oleh karena itu, sistem tubuh akan langsung mengenali mikroba yang masuk ke dalam tubuh dan akan menghancurkan dengan cepat

Kelainan dari sistem kekebalan tubuh dapat berupa alergi, defisiensi imun dan gangguan imun. Sistem kekebalan tubuh juga terdiri dari sel darah putih, antibodi, sistem komplemen, sistem limfatik, limpa, timus dan sumsum tulang.

Penurunan kekebalan tidak bisa dihindari seiring dengan bertambahnya umur. Oleh karena itu, mereka yang berusia 70 tahun keatasa cenderung lebih rentan terhadap virus dan penyakit. Namun Anda bisa mengatasi hal tersebut.

Dilansir dari Express, berikut 6 hal yang dapat Anda lakukan untuk menguatkan imun anda.

1. Rajin berolahraga

Olahraga teratur adalah faktor kunci yang dapat mencegah penurunan sistem kekebalan tubuh. Penelitian dari British Medical Journal menemukan bahwa seseorang yang berjalan setidaknya 20 menit sehari memiliki 43% durasi hari sakit lebih sedikit pada flu biasa.

2. Hindari merokok dan meminum minuman keras

Merokok memiliki sejumlah pengaruh negatif. Hal ini dapat memberikan risiko bagi sistem imunitas Anda yakni lebih lemah dalam melawan penyakit dan dapat memiliki jangka waktu hidup yang bisa lebih singkat. Selain itu, minuman keras juga dapat mengurangi sel darah putih yang digunakan untuk memerangi infeksi.

3. Konsumsi makanan Nabati

Perlu bagi Anda untuk mengonsumsi banyak makanan nabati karena dapat mendukung antibodi. Protein yang perlu Anda makan juga tidak selalu daging atau ikan. Berdasarkan penelitian terhadap 120 orang dewasa yang lebih tua, menemukan bahwa diet Mediterania yakni mengonsumsi makanan tinggi sayuran, buah, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan berminyak dan minyak zaitun dapat memiliki dampak positif pada sel-sel kekebalan yang mulai menua.

4. Konsumsi vitamin

Vitamin D memiliki peran yang cukup lama dalam kekebalan seseorang. Dengan mengonsumsi banyak waktu di bawah sinar matahari dan mengonsumsi suplemen jika mencukupi, dapat memperluas fungsi sistem kekebalan Anda.

5. Hindari stress

Stress sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Anda perlu untuk menjaga pola tidur dan kesehatan mental Anda untuk menghindari dan mengelola rasa stres secara efektif. Mereka yang cepat marah juga memiliki sistem kekebalan yang terus mengalami peradangan dan akan melemah seiring bertambahnya usia.

6. Terus bersosialisasi

Hubungan sosial menjadi penting dikarenakan kesepian dapat menyebabkan sistem kekebalan menjadi stress. Hal ini dapat memicu respon peradangan yang dapat menimbulkan kerusakan jangka panjang.

 

Sumber : bisnis