Manufaktur AS Tumbuh Di Laju Tercepat Dlm 3 Tahun Terakhir

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Indeks manufaktur AS meningkat di bulan Agustus pada laju tercepat dalam tiga tahun terakhir karena pesanan barang naik tajam dalam satu dekade, menunjukkan pabrik-pabrik AS akan membantu kekuatan ekonomi di kuartal ketiga.

Indeks Institute for Supply Management?(ISM) tiba-tiba naik menjadi 59, level tertinggi sejak Maret 2011, dari bulan Juli di level 57,1, kelompok Tempe, yang berbasis di Arizona melaporkan hari ini. Angka pembacaan diatas 50 mengindikasikan pertumbuhan. Perkiraan rata-rata dalam survei Bloomberg terhadap para ekonom adalah 57.

Sebuah pergerakan untuk memperbarui pabrik dan peralatan yang mendorong kenaikan investasi bisnis yang mungkin akan membuat pabrik-pabrik di Amerika sibuk bahkan seiring pengeluaran konsumen menunjukkan tanda-tanda pemulihan. Pertumbuhan upah yang lebih baik dapat meningkatkan pembelian rumah tangga di luar kendaraan bermotor serta membantu mempertahankan kenaikan di bidang manufaktur, yang membuat peningkatan sekitar 12% dari perekonomian.

Perkiraan untuk indeks pabrik dari 78 ekonom dalam survei Bloomberg berkisar 55-58,5, semua sedikit menurun dari hasil aktual.

Kenaikan indeks ISM datang karena Indeks kelompok pesanan baru naik ke level 66,7, merupakan yang tertinggi sejak April 2004 silam.

Indeks produksi kelompok ini naik ke level terkuat sejak Mei 2010, mencapai level 64,5 dari level 61,2 di bulan sebelumnya. Indeks pesanan menunggu untuk diisi naik menjadi 52,5 dari 49,5.(yds)

Sumber: Bloomberg