Manufaktur AS Mengalami Stagnan di Bulan Oktober

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Sektor manufaktur Amerika tetap terjebak di netral pada bulan Oktober setelah pabrik-pabrik berjuang dengan berkurangnya permintaan dari luar negeri dan persediaan pelanggan di rumah.

Indeks Institute for Supply Management sedikit berubah di angka 50,1, terlemah sejak Mei 2013 setelah 50,2 pada bulan September, laporan dari kelompok Tempe, yang berbasis di Arizona menunjukkan pada hari Senin. Pembacaan di angka 50 adalah garis pemisah antara ekspansi dan kontraksi.

Penjualan global yang melemah, dolar yang kuat yang membuat barang-barang AS lebih mahal di luar negeri, mencatatkan pertumbuhan persediaan di babak pertama dan kesengsaraan di sektor energi yang telah diincar oleh produsen negara. Pada saat yang sama, peningkatan output dalam tanggapan terhadap penjualan mobil terbaik dalam satu dekade tetap menjadi titik terang untuk bidang manufaktur.

Perkiraan rata-rata dalam survei Bloomberg dari ekonom menyerukan pembacaan ISM di angka 50, dengan Perkiraan berkisar antara 48,9 hingga 51,5.

Kemandekan di sektor manufaktur mengarah ke peluang kerja yang lebih sedikit di pabrik. Indeks kelompok kerja ISM turun untuk 47,6 pada bulan Oktober, pembacaan terlemah sejak Agustus 2009, dari 50,5 sebulan sebelumnya.

Indeks pesanan ekspor meningkat menjadi 47,5 dari 46,5, menandai kontraksi untuk bulan kelima berturut-turut.(frk)

Sumber: Bloomberg