Laporan Laba Mengecewakan Investor, Saham Asia Perpanjang Penurunan Mingguan

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Asia turun, memperpanjang penurunan mingguan mereka, setelah Bank of Japan membatalkan ekspektasi untuk stimulus lebih lanjut dan pendapatan dari PetroChina Co sampai China Petroleum & Chemical Corp mengecewakan investor.

MSCI Asia Pacific Index tidak termasuk Jepang kehilangan 0,6 persen ke level 415,68 pada pukul 16:19 sore waktu Hong Kong, menuju kerugian mingguan 1,9 persen dan penurunan bulanan 0,3 persen. Saham jatuh pekan ini imbas dari keputusan bank sentral Jepang yang menahan diri untuk meningkatkan stimulus moneter dan pendapatan perusahaan dari Canon Inc sampai Oversea-Chinese Banking Corp membuat investor kecewa. Fokus sekarang beralih ke laporan laba dari Citic Securities Co, yang merupakan broker terbesar di China, dan data manufaktur China yang akan dirilis pada akhir pekan. Pasar Jepang tutup hari ini untuk liburan.

MSCI Asia Pacific Index, yang merupakan ekuitas regional termasuk Jepang, kehilangan 1,5 persen minggu ini. Namun, indeks ini naik 1,7 persen bulan ini, berada di jalur untuk kenaikan bulanan beruntun pertama sejak April 2015.

Indeks Hang Seng Hong Kong turun 1,5 persen dan Hang Seng China Enterprises Index tergelincir 1,3 persen. Shanghai Composite Index melemah 0,3 persen. Cina menaikkan suku bunga flat harian yuan dengan jumlah terbesar terbesar sejak Juli 2005 terhadap dolar. (sdm)

Sumber: Bloomberg