Lambatnya Ekspor Nasional akibat Melambatnya Ekonomi China

\Lambatnya Ekspor Nasional akibat Melambatnya Ekonomi China\RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, lambatnya ekspor nasional lebih dikarenakan perekonomian Cina yang masih mengalami perlambatan.

“Karena tujuan ekspor kita untuk komoditas itu banyak ke China. Sehingga begitu dia melambat ya harganya juga makin rendah,” kata Darmin di Ritz Charlton, Jakarta, Selasa (17/11/2015).

Lanjut Darmin, perlambatan ekspor nasional tidak hanya didasari oleh perlambatan ekonomi China saja, melainkan perekonomian global juga menjadi salah satu pemicu. Namun, kata Darmin, tidak semua ekspor nasional mengalami perlambatan.

“Kalau anda lihat ekspor kita ke AS, dia ekonomi relatif baik walaupun nggak terlalu baik bener, membaik juga ekspor kita ke sana. Ke AS, jadi semua situasi ini erat kaitan dengan ekonomi dunia yang betul belum sembuh, mana kalau tujuan ekspor melambat ya ikut melambat,” tambahnya.

Darmin menuturkan, perlambatan pertumbuhan ekspor terjadi pada sektor komoditas, lantaran hasil ekspor industri nasional selama kurun waktu 15 tahun yang lalu belum mengalami perkembangan yang baik.

“Ada ekspor yang meningkat, ekspor alas kaki sepatu, ekspor hasil alat transportasi, walaupun terbatas juga, kemudian elektronik, ada tapi tidak bertumbuh dengan baik seperti alas kaki,” tutupnya.

(rzy)

Sumber : http://economy.okezone.com