Laba Samsung Electronics Jatuh Sebesar 27% Di Q4

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Samsung Electronics Co pada Kamis ini melaporkan laba bersih kuartal keempat yang mengalami penurunan sebesar 27% dibandingkan tahun sebelumnya seiring keuntungan dari divisi ponsel tergelincir ditengah persaingan yang ketat.

Data dari analis menunjukkan Samsung kehilangan pangsa pasar smartphone yang signifikan di pasar utama termasuk China menyusul peluncuran dari pd6d8d608e80f9f8524996840530fc9c2esainnya Apple Inc yaitu iPhone 6 pada bulan September tahun lalu yang terjual dengan baik secara global.

Laba bersih untuk kuartal yang berakhir 31 Desember turun menjadi 5,35 triliun won ($ 4.9 miliar) dari 7,3 triliun won pada tahun sebelumnya, Pihak Samsung mengatakan dalam sebuah pernyataannya, penjulan unit smartphone yang lebih sedikit.

Bagaimanapun penurunan, adalah lebih kecil dari 49% pada tahun penurunan di kuartal ketiga seiring bisnis Samsung Chip melaporkan penjualan yang kuat.

Para analis memperkirakan pemulihan sederhana di perusahaan kelas bawah tahun ini di belakang permintaan untuk chip memori dan prosesor. Samsung juga diperkirakan akan meluncurkan smartphone andalan baru pada bulan Maret.

Laba operasional turun sebesar 36% menjadi 5.3 triliun won pada penurunan 11% dengan penghasilan sebesari 57.2 triliun won ungkap pihak Samsung. Jumlah tersebut sejalan dengan panduan perusahaan sebelumnya.

Strategy Analytics memperkirakan Samsung memproduksi sekitar 74 juta sampai 77 juta smartphone pada kuartal keempat, turun dari perkiraan sebanyak 86 juta unit di tahun sebelumnya.

Sementara itu rivalnya yaitu Apple menjual sebanyak 74.5 juta unit iPhone pada kuartal fiskal pertama, naik sebanyak 46% dari tahun sebelumnya.(yds)

Sumber: Marketwatch