Komentar Zhou Xiaochuan Angkat Bursa China

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Bursa saham China rebound dari penurunan terbesar dalam sebulan karena Gubernur Bank Rakyat China Zhou Xiaochuan mengatakan para pembuat kebijakan masih memiliki ruang untuk bertindak di depan moneter.

Indeks Shanghai Composite naik 1 persen menjadi 2,767.51 pada pukul 09:31 pagi. Indeks tersebut pada hari Kamis jatuh 6,4 persen karena suku bunga pasar uang melonjak dan tumbuhnya kekhawatiran bahwa pembuat kebijakan akan memulai sistem berbasis pasar pertama untuk penawaran saham baru dalam indeks small-caps ChiNext. Dalam reaksi terhadap kejatuhan tersebut, China Securities Regulatory Commission membantah spekulasi bahwa prosedur peninjauan saat ini untuk listing di small-caps akan berhenti mulai 1 Maret mendatang. CSRC juga mengatakan tidak pernah meminta broker untuk menunda atau melanjutkan short selling setelah Founder Securities Co. mengatakan akan memulai bisnis pada 29 Februari.

Dalam membuat penampilan publik kedua dalam seminggu mengikuti bulan keheningan setelah pejabat mencoba untuk menenangkan kecemasan atas mata uang China, Zhou mengatakan ekonomi China tetap kuat dan struktur serta kualitas ekonomi membaik. Dia berbicara dalam pertemuan Kelompok 20 gubernur bank sentral dan menteri keuangan yang mulai berlangsung.(frk)

Sumber: Bloomberg