Klaim Pengangguran di AS Jatuh ke Level Terendah Dalam Empat Dekade

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Hanya sedikit warga Amerika dalam empat dekade terakhir yang mengajukan aplikasi untuk tunjangan pengangguran pekan lalu, melanjutkan ketegangan dikarenakan lonjakan pada awal Juli yang mungkin terkait dengan penutupan pabrik pada pertengahan tahun serta liburan sekolah.

Klaim pengangguran jatuh sebesar 26.000 menjadi 255.000 dalam pekan yang berakhir 18 Juli, yang paling sedikit sejak November 1973, laporan dari Departemen Tenaga Kerja menunjukkan Kamis di Washington. Perkiraan rata-rata dari 47 ekonom yang disurvei Bloomberg menyerukan 278.000.

Klaim pengangguran terus bergerak mendekati level terendahnya secara historis ditengah para pengusaha mempertahankan laju sektor ketenagakerjaan guna memenuhi kenaikan permintaan menyusul kemerosotan pada awal 2015. Dikombinasikan dengan stabilnya tingkat perekrutan di negara tersebut, perbaikan ekonomi akan membantu mempertahankan belanja rumah tangga, yang merupakan bagian terbesar dari perekonomian.

Perkiraan ekonom dalam survei Bloomberg berkisar dari klaim 260.000 hingga 300.000. Angka tdi pekan sebelumnya tidak direvisi berada pada 281,000.(yds)

Sumber: Bloomberg